Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945
English Bahasa Indonesia

Kasau Terima Api Obor Asian Games 2018 Langsung Dari India


event 18 Juli 2018

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, M,M,  Selasa (16/7) menerima Api obor Asian Games 2018 yang diangkut pesawat milik TNI AU yaitu Boeing A 7307, bertempat di Apron Baseops Lanud Adisutjipto. Api Abadi yang didatangkan langsung dari India tersebut diambil Tim khusus yang salah satunya mantan Atlet Bulu Tangkis Susi Susanti yang dikawal Marsma TNI Eko Dono dan 2 personil dari Pasukan Khas TNI AU.


Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, M,M dalam konferensi persnya yang didampingi oleh Gbernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Dankoharmatau, Marsda Dento Priyono, Kadispenau Marsma TN I Novyan Samyoga, Ketua panitia Asean Games 2018 Erick Thohir serta Duta Olah raga Asean Games Susi Susanti menyampaikan suatu kebanggaan tersendiri TNI AU dapat ikut terlibat secara langsung dan menfasilitasi Event Dunia Asian Games 2018 ini. 

Lebih lanjut Kasau menambahkan pengambilan api obor dari India ini melibatkan TNI AU dan dikawal dengan pesawat F16, ini merupakan simbul bahwa TNI AU siap mengawal, mensukseskan dan mengamankan Event Asean Games 2018. Selain itu Bangsa Indonesia patut berbangga karena telah dipercaya Dunia menghandle event ini.

Menurutnya, setelah tiba di Yogyakarta, api obor Asian Games ini akan diterima oleh Gubernur DIY. kemudian Obor Asian Games ini  akan diinapkan di Yogyakarta selama tiga hari dan pada malam yang pertama akan menginap di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala. Sebelum dibawa ke Prambanan, api terlebih dahulu mampir ke candi Boko, kemudian, pada tanggal 18 Juli akan dilakukan pengambilan api abadi dari Mrapen, Purwodadi, Jawa Tengah yang akan dibawa ke Prambanan melalui Semarang, dan seterusnya sesuai scedule yang ada, papar Kasau.

Disela sela acara, Kepala Museum pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Kolonel SUS Drs Dede Nasrudin, menyampaikan kebanggaannya menjadi tempat persinggaan api Asean Games 2018. Event international ini semoga dap at menyemarakkan dunia pariwisata dan perekonomian di DIY dan masyarakat pada umumnya.

Ayo Jelajahi Museum!

klik untuk melihat map