Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945
English Bahasa Indonesia

HERJAKA – SENI SASTRA DALAM JAWA


event 23 Juli 2015

 

            Herjaka HS kembali mempersembahkan karya terbaiknya kepada kita. Tak tanggung-tanggung, pelukis sekaligus penulis kelahiran Yogyakarta, 4 Agustus 1957 ini menyuguhkan karyanya dalam bentuk dua bidang yang ia geluti sekaligus, seni dan sastra. Dalam bentuk seni Herjaka akan menyuguhkan dua puluh lima lukisannya dalam tema Lurung Kamulyan. Sedangkan dalam bentuk sastra Herjaka meluncurkannovel terbarunya yang berjudul Senandung Pagi.

           Repertoir dua puluh lima lukisan yang terangkum dalam judul Lurung Kamulyan atau ‘Jalan Kemuliaan’ berkisah mengenai perjalanan Isa Al-Masih. Lurung Kamulyan merangkum kisah-kisah Isa Al-Masih mulai dari mendapatkan wahyu, melakukan pelayanan di dunia, penyaliban, hingga bangkit menjadi sang Juru Selamat bagi umat manusia. Sedangkan novel Senandung Pagi terbitan TeMBI Rumah Budaya garapannya berkisah sebagian jalan hidup Pandawa yang mengembara setelah lolos dari maut akibat dibakarnya Bale Sigala-gala oleh Sengkuni. Kisah hidup Pandawa yang jalan mainnya benar-benar bagi mereka sendiri adalah sebuah misteri. Meski menyuguhkan dua jenis karya yang berbeda, seni rupa dan sastra, Herjaka tetap hadir dengan ciri khasnya: Jawa. Kisah Al-Masih dalam Lurung Kamulyan tetap digores dalam ilustrasi wayang dan gambaran-gambaran kisah hidup Pandawa pasca insiden Bale Sigala-gala melalui tulisan di Senandung Pagi tetap berjalan dalam pakem pewayangan Jawa.

             Pembukaan pameran lukisan Lurung Kamulyan dan launching novel Senandung Pagi karya Herjaka HS akan diresmikan bersama pada Kamis, 23 Juli 2015 pukul 19.30 WIB di (museum) TeMBI Rumah Budaya Jalan Parangtritis km 8,4 Bantul. Acara peluncuran novel Senandung Pagi serta pembukaan pameran lukisan Lurung Kamulyan yang akan digelar hingga tanggal 5 Agustus 2015 tersebut akan dimeriahkan dengan pertunjukan tari oleh Tonie Widyarto dan Yuli Miroto serta pelantunan tembang Jawa oleh Elisa Orcarus Allasu. Novel Senandung Pagi  dapat anda dapatkan di (museum) TeMBI Rumah Budaya. Sedangkan pameran lukisan Lurung Kamulyan akan disambung pameran di Gereja Gamping pada sekitar akhir Agustus mendatang.

(berita & foto: Adiwena)

 

Ayo Jelajahi Museum!

klik untuk melihat map