Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945
English Bahasa Indonesia

Pembukaan Museum Exhibiton 2016 "Colorful and Fun" di Atrium Jogja City Mall


event 15 2016

Museum Exhibition 2016 dimulai pada tanggal 12 Mei 2016 dan berakhir tanggal 15 Mei 2016 malam. Diketahui, bahwa selama ini museum memiliki stigma negative sebagai tempat membosankan untuk dikunjungi. Kebanyakan pengunjung adalah pengunjung “terpaksa” yang mengikuti study tour. Tetapi itu semua salah besar. Diadakannya Museum Exhibition 2016 ini merupakan pembuka pengenalan museum. Museum-museum yang mengikuti exhibition ini tidak hanya museum-museum dalam Jogja tetapi juga luar Jogja. Sri Sultan bersama Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Drs. Umar Priyono MPd ditemani dengan Bupati Sleman Sri Purnomo membuka secara resmi Museum Exhibition 2016.


Museum Exhibition 2016 dengan tema “Colorful and Fun” dibuka pada tanggal 12 Mei 2016 oleh Sri Sultan HB X dengan harapan museum exhibition ini dapat membuka pandangan masyarakat dan terbuka bagi kalangan masyarakat luas. Oleh karena itu eksibisi kali ini dilaksanakan di pusat perbelanjaan. Sultan mengatakan bahwa selama ini cara pembelajaran sejarah yang ada hanya bersifat satu arah berupa hapalan tanpa minat untuk memaknai tiap sejarah yang dipelajari. Dengan adanya kunjungan museum ini dapat membuka peluang pembelajaran dua arah serta menambah kesadaran akan pentingnya kunjungan museum. Diharapkan kegiatan ini dapat berlangsung secara berkesinambungan sepanjang tahun. Museum juga diharapkan meningkatkan pelayanan berupa kegiatan-kegiatan yang menarik dan atraktif.


Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Drs. Umar Priyono MPd juga memberikan sambutan pada saat pembukaan. Beliau mengatakan, adanya museum exhibition di JCM ini diharapkan dapat membuka pandangan masyarakat mengenai mall. Masyarakat tidak hanya berbeanja saja di mall, tetapi juga dapat belajar dengan mengunjungi pameran. Selain museum exhibition saja, empat armada bus disiapkan untuk pengunjung JCM yang ingin mengunjungi beberapa museum di Jogja. Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan masyarakat bisa semakin dekat dengan museum.
Pembukaan museum exhibition dimeriahkan dengan tari-tarian khas nusantara dan juga tarian kreasi. Tari Asmoro Dono dan Tari Gojek ikut memeriahkan pembukaan. Ada 25 museum yang mengikuti pameran ini. 18 museum di Jogja dan 7 museum yang berada di luar Jogja.

Ayo Jelajahi Museum!

klik untuk melihat map