Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945
English Bahasa Indonesia

Ngabuburit dan Buka Bersama bareng Keluarga Edukator Museum se-DIY di Museum Gunungapi Merapi


event 15 Juni 2016

4d4680bbfb19e50348297dc0ca486439.jpg

(14/6) Pada hari Selasa kemarin, Keluarga Edukator Museum Yogyakarta (KEMY) yang merupakan wadah bagi para Edukator Museum se-DIY mengadakan kegiatan Ngabuburit dan Buka Bersama bareng Keluarga Edukator Yogyakarta dengan tema “Museum Cahaya Hati” di Museum Gunungapi Merapi. Kegiatan Ngabuburit di Museum yang didukung oleh Dinas Kebudayaan DIY ini, diikuti oleh ratusan peserta, antara lain Edukator Muda Museum se-DIY, pegawai Museum Gunungapi Merapi, mahasiswa exchange dari China, juga para santriwan/wati dari Panti Asy-Syafiiyah. Acara dibuka oleh Ketua KEMY, Eko Ashari dan pegawai Museum Gunungapi Merapi yang mewakili Kepala Museum. Acara dilanjutkan dengan penampilan kesenian Hadrah dari teman-teman panti Asy-Syafiiyah dan berkeliling ke dalam Museum Gunungapi Merapi di lantai 1-2 yang dipandu oleh Ayu Munarwati (Edukator Muda MGM), tidak lupa juga menonton film dokumenter Gunung Merapi di ruang Audio Visual.

 

Para peserta kegiatan, terutama dari teman-teman panti semangat berkeliling sedari awal dimulai. Ketika edukator menjelaskan, tidak jarang mereka bertanya lebih jauh tentang materi yang disampaikan. Koleksi Museum yang menarik bagi mereka adalah maket Gunung Merapi yang berada di tengah hall MGM. Disana para peserta bisa melihat secara visual bentang wilayah Gunung Merapi yang banyak menjorok ke arah selatan atau masuk ke dalam wilayah DIY. Pengetahuan ini perlu disampaikan kepada para peserta maupun masyarakat agar tetap menjaga dan waspada dengan lingkungan sekitarnya. Selain itu, benda koleksi yang banyak menjadi perhatian dari peserta adalah sepeda motor, barang pecah belah, dll., yang meleleh dan terbakar akibat awan panas dari hasil erupsi Gunung Merapi di tahun 2010 lalu. Peserta kemudian diajak menonton film tentang Gunung Merapi di ruang Audio Visual. Film ini menceritakan riwayat Gunung Merapi dan lingkungan sekitarnya. Film ini berdurasi 15 menit yang klimaksnya membahas erupsi Merapi.

 

Setelah selesai berkeliling Museum, para peserta kemudian buka bersama di selasar MGM yang diawali dengan doa bersama dipimpin oleh ketua Panti Asy-Syafiiyah. Acara ditutup dengan pesan dan kesan dari ketua Panti dan ketua KEMY. (IR)

 

edukator-ngabuburit.jpg

Ayo Jelajahi Museum!

klik untuk melihat map