Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945
English Bahasa Indonesia

KERATON PLERET SAMPAI KE SUBANG


event 24 Juli 2016

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa melalui UPTD Museum Sejarah Purbakala Pleret mengikuti Pameran Museum Nasional 2016 di Subang Jawa Barat. Pameran Museum Nasional 2016 tersebut merupakan rangkaian acara Peringatan Hut ke-103 Paguyuban Pasundan. Selain pameran museum, dalam acara tersebut diselenggarakan Festival Sinden Titim Fatimah Tingkat Nasional dan Karawitan Inovation Festival 2016.

Pameran Museum Nasional 2016 Subang diselenggarakan pada tanggal 17-20 Juli 2016. Pameran tersebut bertempat di Wisma Karya jalan Ade Irma Suryani Nasution No. 2, Karanganyar, Subang, Kec. Subang, Jawa Barat. Pembukaan acara berlangsung pada pukul 10.00 WIB yang dibuka oleh Kepala Dinas kebudayaan Pariwisata Pemuda Olahraga Kabupaten Subang.

Museum Sejarah Purbakala Pleret pada kesempatan ini menampilkan stand pameran dengan konsep outdoor. Stand dibuat menggunakan bambu-bambu untuk memajang koleksi dan informasi mengenai Museum Sejarah Purbakala Pleret. Konsep stand bambu tersebut membawa pengunjung meresapi nuansa natural dari Keraton Pleret yang asri. Informasi dan koleksi yang ditampilkan adalah Alur atau kronika perkembangan Kraton Pleret dari (Kraton Kota Gedhe) sampai dengan perjanjian Giyanti 1755 yang memisahkan Mataram menjadi Kesultanan Yogyakarta dengan Kasunanan Surakata. Selanjutnya, Batu Bata temuan asli dari tembok Kraton Pleret dan replika batu bata dari Masjid Ngeksigondo Kraton Pleret dan batu bata zaman sekarang yang lazim digunakan untuk membangun rumah. Ketiga batu bata tersebut dipamerkan dengan tujuan masyarakat sekitar dan pengunjung pameran bisa menikmati dan menyelami keagungan hasil karya nenek moyang kita dalam mencipta sebuah seni bangunan. Hal itu bisa dilihat dari perbandingan antara batu bata yang lazim digunakan zaman sekarang yang relatif lebih kecil dibanding dengan batu bata yang digunakan untuk membangun tembok Kraton Pleret dan Masjid Ngeksigondo yang lebih besar. Perbandingan tersebut akan membawa imaji pengunjung untuk dapat memvisualisasikan sebesar apa bangunan pada era Kraton Pleret tahun 1600an.

 

 

Ayo Jelajahi Museum!

klik untuk melihat map