Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945
English Bahasa Indonesia

Kunjungan Duta Museum 2017 ke MAN 1 Yogyakarta


event 24 November 2017

 

Duta Museum DIY 2017 berkunjung ke MAN 1 Yogyakarta pada hari Rabu, 22 November 2017 dalam rangka kegiatan safari duta museum 2017. Mereka antara lain Duwi Kurniatnto Museum Ambasador Museum Gunung Api Merapi, Ade Febri Museum Ambasador Museum UGM, Ambar Sari Museum Ambasador Museum Ullen Sentalu, Rizqi Arindiah Museum Ambasador Museum Rumah Garuda, Bagas Awang Museum Ambasador Museum Tani Jawa Indonesia dan Zuhrofa Rizkiana Museum Ambasador Museum Bahari Yogyakarta. Mereka membawa misi untuk terus memajukan museum-museum yang ada di Yogyakarta melalui promosi ke sekolah-sekolah yang ada di Yogyakarta.

Kegiatan safari Duta Museum ini dihadiri oleh 70 Siswa MAN 1 Yogyakarta. Acara ini di bertempat di ruang Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta. Para Duta Museum DIY 2017 memperkenalkan diri masing-masing. Sebelum mulai dengan presentasi mengenai museum, para duta museum memberikan kuis untuk siswa-siswa MAN 1 Yogyakarta. Para siswa diajak untuk mengisi pertanyaan singkat mengenai museum-museum yang ada disekitar sekolah mereka. Kemudian dilanjutkan presentasi oleh Duwi Kurnianto Museum Ambasador Museum Gunung Api Merapi mengenai keberadaan museum-museum yang ada di Yogyakarta serta membahas kuis yang diberikan diawal tadi.

                                         

Sambutan para siswa dengan kunjungan duta museum DIY ke sekolah mereka sangatlah bagus, banyak siswa yang tertarik dengan museum. Namun ada juga yang mempertanyakan bagaimana eksistensi museum di era digital saat ini. Karena kalaupun untuk tugas sekolah mengenai museum sudah dapat browsing dari internet dan keluar semua informasi yang dibutuhkan. Namun duta museum DIY 2017 menjelaskan bagaimana peran museum dalam dunia pendidikan. Karena museum era sekarang ini sudah menjawab kebutuhan masayarakat yang haus akan ilmu pengetahuan. Atmosfer yang diciptakan dimuseum dibuat nyaman untuk dikunungi lama-lama sudah diterapkan oleh beberapa museum. Sebagaimana slogan museum yaitu museum dihatiku, museum ramah anak dan juga ramah untuk orang dewasa. Diskusi selama pemaparan Duta Museum 2017 sangat cair, para siswa juga terlihat masih focus. Uniknya pada kesempatan safari ini, para siswa diajak untuk bermain games dengan doorprise mug dan kaos duta museum.

Kegiatan safari Duta Museum di MAN 1 Yogyakarta diakhiri dengan foto bersama seluruh siswa yang hadir dan para Duta Museum DIY 2017.

                                                

Ayo Jelajahi Museum!

klik untuk melihat map