Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945
English Bahasa Indonesia

Pendalaman Materi dalam Rangka Pengingkatan Kapasitas Pemandu Museum Gunungapi Merapi


event 05 Maret 2018

 

Museum Gunungapi Merapi (MGM), Selasa 27 Februari 2018 melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas pemandu museum dengan rangkaian acara pendalaman materi. Kegiatan diikuti oleh pemandu dari MGM dan Museum Karst Indonesia (MKI). Pemateri dalam kegiatan ini adalah salah satu dosen geologi UGM, Agus Hendratno, ST., MT.

Materi yang dipaparkan dalam acara ini adalah tentang geowisata. Peserta diajak untuk memahami konsep geowisata, mengenali karakteristik potensi geowisata disetiap wilayah, dan dikenalkan dengan konsep REAL Travel (Hall & Weiler, 1982). REAL Travel (Hall & Weiler, 1982) ini meliputi Rewarding (penghargaan), Enriching (pengkayaan), Adventuresome Experiences (petualangan), dan Learning Experiences (pembelajaran). Konsep ini merupakan salah satu arah dari konsep pariwisata yang diharapkan terpenuhi bagi setiap pengunjung. Pemandu yang merupakan garda depan dalam pengenalan geowisata memiliki peran sebagai pengajar yang harapnnya dapat menjadikan perjalanan wisata tidak hanya bermanfaat secara rekreasi namun juga edukasi yang mengarah pada konservasi terhadap kekayaan geowisata di Indonesia. 

Rangkaian acara pendalaman materi ini tidak hanya di dalam kelas namun diikuti dengan kegiatan fun trip ke lapangan. Fun trip ini mengajak peserta untuk berkunjung langsung ke wilayah yang terdampak letusan Gunungapi Merapi tahun 2010 dengan menggunakan kendaraan jip. Fun trip ini bertujuan langsung untuk memberikan gambaran langsung terkait dengan materi yang telah di sampaikan (enriching) sekaligus memberikan pengalaman wisata lava tour yang merupakan pemanfaatan dari bencana menjadi sumber daya wisata dengan menggunakan jip sebagai sarana utamanya (adventuresome experience). Sepanjang perjalanan pemateri memberikan paparan (learning experience) dengan harapan utamanya peserta memiliki rasa penghargaan (rewarding) pada kekayaan geowisata yang ada di Indonesia. (AI)

Ayo Jelajahi Museum!

klik untuk melihat map