Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945
English Bahasa Indonesia

“WAYANG PULAU” MUSEUM RUMAH GARUDA


event 08 Maret 2018

Museum Rumah garuda adalah suatu museum yang didirikan oleh salah satu dosen ISI yang bernama Bapak Nanang R. Hidayat, lokasi museum berada di daerah Jalan Bantul km 7,5 Pucung, Krantil, Sewon, Bantul Yogyakarta. Museum ini berisi berbagai benda yang bentuknya tidak jauh – jauh dari bentuk burung garuda.

Museum Garuda memiliki cerita wayang dengan lakon Wayang Pulau. Wayang Pulau adalah pertunjukan wayang kulit dengan latarbelakang cerita bangsa Indonesia yang memiliki beragam ras, suku bangsa dan budaya. Keberagaman tersebut disatukan dengan Pancasila dan lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila. Tujuan dipagelarkannya Wayang Pulau untuk memupuk rasa nasionalisme anak anak muda yang kini mulai pudar.

Pada tanggal 4 Maret 2018, Museum Rumah Garuda menampilkan pertunjukan Wayang Pulau di Purwokerto dalam rangka HUT Organisasi PCTA INDONESIA Ke-8. PCTA-I (Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia) adalah organisasi yang bergerak untuk menumbuhkan sikap cinta tanah air. Diresmikan pada 21 Maret 2010, PCTA-I didirikan berdasarkan Sabda Rosulullah yang berbunyi “Hubbul Wathon Minal Iman”,  kitab Sutasoma karya Mpu Tantular tentang Bhineka Tunggal Ika dan pada satu bait yang ada dalam ulangan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, yang berbunyi “Indonesia Raya, merdeka-merdeka.. tanahku negeriku yang kucinta”. 

Ayo Jelajahi Museum!

klik untuk melihat map