Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945
English Bahasa Indonesia

Candi Kimpulan di Universitas Islam Indonesia


event 09 Maret 2018

Candi kumpulan yang ditemukan di kompleks Universitas Islam Indonesia pada tahun 2009. Awalnya, area ini akan dibangun gedung perpustakaan. Pada saat penggalian untuk membuat pondasi, eskavator mengenai batu yang sangat keras. Dan ternyata ini adalah bagian dari candi. Dengan adanya penemuan situs  sejarah ini, mengubah design awal bangunan perpustakaan. Bangunan perpustakaan dibangun mengelilingi candi, sehingga tidak merusak situs sejarah ini.

Nama Candi Kimpulan diambil dari nama daerah setempat. Candi ini berada di Dusun Kimpulan, Desa Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman Yogyakarta. Badan Wakaf UII mengusulkan nama lain yaitu candi Pustakasala. Pustakasala merupakan bahasa Sansekerta yang berarti perpustakaan. Hal ini juga berhubungan dengan niat awal pembangunan yaitu gedung perpustakaan.

Candi ini merupakan candi Hindu. Candi Kimpulan diperkirakan dibangun sekitar abad ke 8. Candi ini ketika ditemukan berada di sekitar 2,5 m dibawah permukaan tanah. Seluruh bagian candi yang ada di lokasi saat ini merupakan batu asli termasuk arca ganesha. Candi ini merupakan candi Hindu. Hal ini ditunjukkan dengan adanya Lingga dan Yoni. Di bawah Yoni, ditemukan peripih yang didalamnya terdapat lempengan emas berbentuk padma. Diperkirakan candi ini tertimbun material vulkanik Gunung Merapi.

Peresmian candi Kimpulan bersamaan dengan diresmikan perpustakaan yaitu pada tanggal 17 Oktober 2011. Penasaran dengan candi dan museum UII? Monggo berkunjung ke Museum UII di Jl. Kaliurang km 14,5 Yogyakarta di kompleks perpustakaan UII.

 

Ayo Jelajahi Museum!

klik untuk melihat map