Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945
English Bahasa Indonesia

Cerita Museum dr. Yap Prawirohusodo


event 13 Maret 2018

Museum dr. Yap Prawirohusodo adalah museum yang berisi koleksi peninggalan Dr. Yap Hong Tjoen selaku pendiri RS Mata Dr. Yap. Lokasi museum dr. Yap menjadi satu komplek dengan  RS Mata Dr. Yap, museum sendiri terletak dipojok belakang Rumah Sakit (pojok sebelah utara sisi barat). Museum dr. Yap terbuka untuk umum dan free, pintu utama masuk museum adalah RS Mata Dr. Yap. Museum ini berisi berbagai macam koleksi dan terbagi menjadi  tiga ruang museum, yaituRuang Alat Kedokteran, Ruang Alat Rumah Tangga, dan Ruang Keluarga.

RS Mata Dr. Yap ini didirikan oleh dr. Yap Hong Tjoen pada tahun 1922 dan diresmikan tahun 1923 oleh Sri Sultan HB VIII. Sebelum mendirikan RS Mata Dr. Yap, dr. Yap Hong Tjoen mendirikan klinik kesehatan mata didaerah Gondolayu yang sekarang menjadi Kantor Pos Gondolayu. Selain itu Dr. Yap Hong Tjoen juga mendirikan Balai Mardi Wuto yang bertujuan memberikan pendidikan dan keterampilan terhadap penyandang tuna netra. Dulu letak Balai Mardi Wuto terdapat disebelah barat RS Mata Dr. Yap yang sekarang menjadi Yap Square.

Museum dr. Yap Prawirohusodo diresmikan tahun 1997 oleh Sri Sultan HB X. Terlepas dari koleksi Alat Kedokteran, Alat Rumah Tangga, dan Koleksi Keluarga, museum dr. Yap Prawirohusodo juga terdapat koleksi buku-buku yang berada di Ruang Alat Kedokteran. Mari silahkan sahabat museum berkunjung ke museum, khususnya museum dr. Yap Prawirohusodo.

Ayo Jelajahi Museum!

klik untuk melihat map