Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945
English Bahasa Indonesia

Seluk Beluk Profesi Kurator


event 19 Maret 2018

Pada hari Jumat, 16 Maret 2018, bertempat di Auditorium Museum Sonobudoyo diselenggarakan diskusi bertema: seluk beluk profesi Kurator.

Kegiatan yang digagas oleh duta museum Sonobudoyo, Martina Sinta Kristanti (Duta Museum DIY 2017) ini mengundang 2 pembicara: Dr. - Ing. Greg Sri Wuryanto, S. T., M. Arch. yang telah berpengalaman menjadi kurator di beberapa pameran dan Ery Sustyadi, ST, MS selaku sebagai Kepala Seksi Koleksi, konservasi dan preparasi Museum Negeri Sonobudoyo. Tercatat sebanyak kurang lebih 50 peserta diskusi hadir yang terdiri dari Kepala Museum, anggota dan perwakilan dari Barahmus (badanmusyawarah Musea), penggiat dan anggota komunitas museum di DIY.

            Pertemuan yang dimulai pukul 2 siang ini, membedah tentang kegiatan profesi kurator yang ada di Indonesia dan bagaimana langkah-langkah yang harus ditempuh seorang curator dalam persiapan pameran. Greg Wuryanto mengatakan bahwa, curator harus jeli melakukan tilik diri terhadap koleksi yang harus ditampilkan serta mampu untuk membawanya kedalam konteks yang actual yang sedang digandrungi oleh masyarakat. Dicontohkan oleh Ery Sustyadi bahwa beberapa pameran di Sonobudoyo sebelumnya menjawab tantangan jaman yaitu tema ‘HastoBroto’ diangkat beberapa tahun lalu menjelang pemilihan presiden. Penikmati museum diberikan wacana tentang bagaimana sosok pemimpin yang ideal. Dalam pameran tersebut juga penikmat museum diminta untuk memiliih dengan bijak dan tenang. Museum dalam hal ini berperan sangat penting dalam menggugah wacana.

            Sinta Kristanti sebagai coordinator kegiatan mengatakan bahwa animo museum dan komunitas untuk belajar sangat tinggi, oleh karena ketersediaan tempat, maka jumlah peserta dibatasi. Kepala Museum Sonobudoyo, Drs Diah Tutuko Suryandaru, mengatakan bahwa Museum Sonobudoyo sedang berbenah dan memberikan banyak perhatian terhadap keterlibatan komunitas di museum, sehingga sonobudoyo mengalokasikan beberapa agenda untuk kegiatan semacam ini dengan harapan dapat betul-betul mendekatkan museum di hati masyarakat. Acara diskusi ini diakhiripukul 17.00.

Ayo Jelajahi Museum!

klik untuk melihat map