Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945
English Bahasa Indonesia

NAPAK TILAS DAN SERANGKAIAN KEGIATAN PERINGATAN HUT KE-72 PERSANDIAN REPUBLIK INDONSEIA


event 05 April 2018

Museum Sandi kembali menggelar kegiatan Napak Tilas Persandian RI Pada hari Selasa dan Rabu (3 dan 4 April 2018). Acara ini diselenggarakan untuk memperingati HUT ke-72 Persandian RI yang jatuh pada tanggal 4 April. Rangkaian acara kegiatan yang telah diselenggarakan adalah aksi Donor Darah yang bertempat di Aula Museum Sandi, Rabu (28/03/2018). Kegiatan Donor Darah diselenggarakan oleh Forkomsanda (Forum Komunikasi Sandi Daerah) DIY yang bekerja sama dengan PMI Cabang Kota Yogyakarta yang diikuti oleh unsur anggota Museum Sandi, TNI/Polri, dan Pemerintah Daerah.

 

 Kegiatan aksi Donor Darah di Aula Museum Sandi

 

Selain acara Donor Darah, dilaksanakan kegiatan Napak Tilas yang dimulai dari Museum Sandi (Kotabaru) menuju Rumah Sandi Dukuh (Kulonprogo) dengan menempuh jarak 23 Km. Peserta Napak Tilas diikuti oleh 55 orang yang terdiri dari siswa sekolah, mahasiswa, umum, TNI dan Forkomsanda. Peserta dibagi 5 pasukan untuk berjalan bersama serta memecahkan soal dari panitia.

 


Foto bersama peserta Napak Tilas sebelum prosesi pelepasan

 

Napak Tilas Persandian 2018 dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Sambutan pertama oleh Setyo Budi Prabowo S.ST. selaku Koordinator Museum. Setyo mengingatkan kembali sejarah dan perintisan Dinas Kode yang merupakan cikal bakal BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara). Saat Agresi Militer II Belanda, Yogyakarta diserang dan para Sandiman melakukan long March ke Dekso Kulonprogo dan mendirikan kamar sandi darurat di dusun Dukuh, Purwoharjo, Samigaluh, Kulonprogo.

Sambutan selanjutnya oleh Haryanta, S.H. Kepala Biro Umum dan Protokol Setda DIY selaku ketua Forkomsanda. “Betapa sangat luar biasa peran Sandi bagi perjuangan bangsa Indonesia. Acara Napak Tilas guna mengenang kembali jasa-jasa dan peran para Sandiman dalam memperjuangkan Bangsa Indonesia”, ucap Haryanta saat memberi sambutan, Selasa (03/04/2018).

Menutup sambutannya, Haryanta memberikan selamat dan restu kepada peserta untuk melakukan Napak Tilas. Usai sambutan, doa dilayangkan untuk keselamatan dan kelancaran bagi seluruh peserta. Acara selanjutnya adalah sesi foto bersama kemudian Napak Tilas Persandian 2018 tepat pukul 20.30 WIB pun resmi dimulai usai pelepasan oleh ketua Forkomsanda.

 

 

Pelepasan peserta Napak Tilas oleh Ketua Forkomsanda DIY

 

Perjalanan Napak Tilas melewati 4 pos. Setiap pasukan di masing-masing pos mendapatkan soal berupa sandi dimana soal tersebut dapat dipecahkan dengan menggunakan Sandi Caesar. Perjalanan semakin semangat dengan nyanyian yel-yel dari masing-masing pasukan. Peserta tiba di Dukuh Kulonprogo pukul 05.00 WIB, Rabu (04/04/2018). Diakhir acara, panitia memberikan jawaban yang benar dari soal yang diberikan. Kemudian diumumkan siapa yang menjadi pemenang dan pemenang menerima hadiah dari panitia.

Pada pagi harinya, Rabu (04/04/2018) pukul 09.00 WIB di halaman depan Rumah Sandi Dukuh Kulonprogo dilaksanakan upacara bendera untuk memperingati HUT ke-72 Persandian RI. Upacara yang berlangsung dengan khidmat tersebut dihadiri oleh perwakilan Sandiman dari Kota/Kabupaten diantaranya Sandiman Pemkab Kulonprogo, Pemkab Bantul, Pemkab Sleman, Pemkab Gunungkidul, Pemkot DIY, Pemprov DIY, TNI dan anggota Museum Sandi dengan Pembina Upacaranya adalah Kepala Biro Umum dan Protokol Setda DIY selaku ketua Forkomsanda Haryanta, S.H. Setelah upacara dilanjutkan dengan acara sarasehan yang diikuti seluruh peserta upacara.

 

 

 Upacara Peringatan HUT ke-72 Persandian Republik Indonesia

Ayo Jelajahi Museum!

klik untuk melihat map